Blog / JENIS JENIS FLEK HITAM YANG WAJIB KAMU KETAHUI

JENIS JENIS FLEK HITAM YANG WAJIB KAMU KETAHUI

23 November 2022
JENIS JENIS FLEK HITAM YANG WAJIB KAMU KETAHUI

Bagikan

Memiliki kulit wajah mulus dan bersih adalah dambaan setiap orang, baik pria maupun wanita. Wajar jika banyak yang berlomba-lomba melakukan perawatan wajah agar terhindar dari masalah kulit, seperti flek atau noda hitam.

Salah satu permasalahan kulit wajah ini memang kerap mengintai banyak orang. Terutama mereka yang tinggal di daerah tropis seperti Indonesia. Paparan sinar matahari yang tinggi jadi penyebab kulit orang Indonesia mudah mengalami flek hitam dan bekas jerawat membandel.

Bercak warna kecokelatan atau kehitaman ini biasanya disebabkan karena meningkatnya produksi melanin, terutama setelah terpapar sinar matahari.

Yuk cari tahu lebih lanjut tentang empat jenis flek hitam yang sering muncul pada wajah.

  1. Melasma

Flek berupa bercak-bercak kecokelatan ini merupakan salah satu flek yang sering dialami pria dan wanita. Biasanya, bercak melasma akan tampak merata pada wajah, terutama di bagian pipi.

Bercak melasma atau chloasma kerap muncul pada bagian wajah yang paling sering terkena paparan sinar ultraviolet (UV) dari matahari. Selain itu, bercak ini juga bisa muncul pada bagian kulit lain seperti leher dan lengan bawah.

Flek ini terjadi saat melanosit (sel penghasil pigmen) pada kulit memproduksi terlalu banyak warna. Melanosit akan mudah terangsang saat kulit tidak dilapisi dengan perlindungan sinar UV seperti sunscreen atau sunblock. Selain paparan sinar UV, melasma juga sering muncul selama masa kehamilan.

  1. Freckles

Bintik-bintik noda hitam pada wajah atau freckles lebih sering dijumpai pada orang berkulit terang. Freckles dapat muncul sejak masih kecil hingga dewasa.

Bintik freckles biasanya berwarna kuning atau cokelat muda dan tersebar pada seluruh wajah. Namun lebih dominan pada daerah hidung dan kedua pipi.

Freckles bisa disebabkan karena wajah terlalu banyak terpapar sinar matahari. Hal ini karena melanosit akan aktif saat terkena paparan radiasi UVB (Ultraviolet-Burning) yang bisa menghasilkan bintik-bintik gelap pada wajah. Selain itu, freckles juga bisa muncul karena faktor genetik.

  1. Flek bekas peradangan (Inflammatory spots)

Flek jenis ini muncul akibat terjadinya peradangan pada kulit wajah seperti bekas jerawat. Noda hitam bekas jerawat ini muncul karena proses pembentukan pigmen yang berlebihan akibat adanya peradangan.

Flek bekas jerawat jadi salah satu yang paling sulit dihilangkan. Bahkan, semakin hitam flek bekas jerawat, akan semakin sulit untuk dihilangkan.

Selain karena bekas jerawat, flek ini juga bisa muncul karena bekas eksem dan iritasi akibat penggunaan kosmetik yang tidak tepat.

  1. Café au lait spot (noda kopi susu)

Sesuai dengan namanya, Café au lait spot biasanya berwarna cokelat muda seperti campuran kopi susu. Namun, warnanya bisa juga berwarna gelap karena terkena paparan sinar matahari.

Flek dengan bentuk bervariasi ini juga dikenal sebagai jenis tanda lahir dengan bercak datar pada kulit. Meski kebanyakan sudah ditemukan saat lahir, Café au lait spot juga bisa muncul saat dewasa.

Bercak yang bisa muncul pada wajah ini tidak menimbulkan rasa sakit atau gatal. Meski tidak berbahaya, kamu wajib waspada jika pada kulitmu jumlahnya lebih dari enam.

Adanya enam atau lebih flek Café au lait yang masing-masing berdiameter 1,5 cm atau lebih merupakan gejala neurofibromatosis. Penyakit ini merupakan kelainan genetik yang dapat berpengaruh terhadap saraf, kulit, dan mata.

Selama jumlahnya tidak lebih dari enam, flek ini warnanya bisa diratakan menggunakan perawatan kulit wajah. Begitu juga dengan ketiga jenis flek wajah yang sudah dijelaskan di atas, selama penyebabnya bukan faktor genetik.

+62 857-7667-3156 Rumah Imperium Skin & Beauty Jl. Matraman Raya No. 85, Kelurahan Palmeriem, Kecamatan Matraman, Kota Jakarta Timur, Provinsi DKI Jakarta

DIUNDANG SBY, REZA ZAKI KENALKAN GAGASAN NEO TRANSMIGRASI

9 April 2018

TIPS HIDUP SEHAT UNTUK MAHASISWA YANG LAGI NGEKOST

24 November 2022

Didirikan oleh Hj.Suprapti Syamsuddin, S.H., H.Undang Hidayat,S.H., H.Harsono Sony, S.E., Dr. Reza Zaki, S.H.,MA dan Gresika Bunga,S.E.MS.

Kontak

Jl. Umar Wirahadikusumah Km. 7, Gang M. Yusuf RT 02/05 No.18, Desa Ganeas, Kecamatan Ganeas, Kab. Sumedang, Provinsi Jawa Barat

Telepon: 085719125789
Email: info@rumahimperium.org

Menu

2022 Copyright Rumah Imperium