Blog / Rumah Imperium Pencetus BINUS Bangun Desa

Rumah Imperium Pencetus BINUS Bangun Desa

3 Mei 2022
Rumah Imperium Pencetus BINUS Bangun Desa

Bagikan

Pada Kamis (12/11/2015), dosen Business Law BINUS sekaligus Ketua Rumah Imperium, Muhammad Reza Syariffudin Zaki (Reza Zaki). berkesempatan menyajikan gagasannya di hadapan unit-unit terkait di lingkungan universitas terkait konsep BINUS Bangun Desa di Kampus Anggrek. Pertemuan tersebut dihadiri oleh Retno Dewanti, S.Si., M.M., Ph.D sebagai Manager Community Development Center Academic dan Maryani, S.Kom., MMSI sebagai Manager Community Development Center TFI. Program BINUS di tahun 2016 ingin mengembangkan potensi daerah. Ketimpangan, kemiskinan, serta kurangnya akses pendidikan menjadi sekelumit persoalan di daerah. Indonesia memiliki lebih dari 74.000 desa yang tersebar merata. Akan tetapi menurut Kemendes (2015) masih terdapat 19 juta orang miskin di desa. Melalui pengalaman selama tiga tahun mengembangkan Yayasan Rumah Imperium di Kabupaten Sumedang, Zaki berinisiatif untuk dapat mengembangkan konsep pemberdayaan masyarakat yang dilakukan oleh kampus secara terukur dan berdampak. Konsep BINUS Bangun Desa kemudian dicetuskan sebagai upaya untuk mewujudkan program tahun 2016 untuk membangun daerah. Melalui kolaborasi antara BINUS dan Yayasan Rumah Imperium di Kabupaten Sumedang ini, BINUS Bangun Desa akan menciptakan desa prototype yang berlokasi di Desa Ganeas, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat. Konsep ini akan melibatkan dosen-dosen dari lintas-jurusan yang meliputi hukum, ekonomi, arsitektur, desain komunikasi visual, perhotelan, PGSD, teknologi pangan, teknik sipil, komunikasi, dll. Rencana proyek ini memiliki dua manfaat sekaligus bagi dosen yakni sebagai proses pengabdian kepada masyarakat dan penelitian. Dari rencana program yang dipaparkan oleh Zaki menunjukan banyak ide-ide baru yang berpotensi menjadi sebuah kajian/penelitian baru. Konsep BINUS Bangun Desa ini dimulai pada Januari 2016 saat sedang berlangsung Ujian Akhir Semester (UAS). BINUS Bangun Desa kemudian terpilih menjadi Program Greater Nusantara BINUS University sejak di usia ke-35 tahun. Kemudian BINUS Bangun Desa berkembang menjadi kegiatan P2M para dosen dan mahasiswa terlebih dengan program Kampus Merdeka dari Pemerintah Republik Indonesia. BINUS melalui program ini mengembangkan semakin banyak desa-desa yang mandiri di berbagai wilayah. Dari mulai membina hostel warga di Kota Bandung hingga anak-anak Yatim piatu karena Covid-19 di Sumedang. Program BINUS Bangun Desa ini berkembang menjadi Proyek Inisiatif BINUS dimana program grant ini dibagi ke dalam beberapa kategori dengan jumlah bantuan dana yang bervariasi hingga miliaran rupiah. Rumah Imperium tentu saja sangat senang bisa turut berkecimpung dan merintis perkembangan program BINUS Bangun Desa ini hingga dampaknya yang semakin luas.

Anggi Nurailanilawati Terpilih sebagai Kepala TPQ Rumah Imperium

27 April 2022

BINUS dan Rumah Imperium Bagikan Beasiswa Full S1 Primary Teacher Education

5 Mei 2022

Didirikan oleh Hj.Suprapti Syamsuddin, S.H., H.Undang Hidayat,S.H., H.Harsono Sony, S.E., Dr. Reza Zaki, S.H.,MA dan Gresika Bunga,S.E.MS.

Kontak

Jl. Umar Wirahadikusumah Km. 7, Gang M. Yusuf RT 02/05 No.18, Desa Ganeas, Kecamatan Ganeas, Kab. Sumedang, Provinsi Jawa Barat

Telepon: 085719125789
Email: info@rumahimperium.org

Menu

2022 Copyright Rumah Imperium